Senin, 10 Desember 2012

Hah! PHP?


Apa sih itu PHP?
Aku pertama denger istilah ini dari Mas Arif @poconggg waktu diundang di acara Hitam Putih Trans7. PHP atau Pemberi Harapan Palsu adalah suatu istilah yang dipakai untuk menamakan seseorang yang memberikan harapan palsu pada seseorang. Maksudnya gini, misal ada cowo ngejar-ngejar cewe, terus si cewe nanggepin secara antusias seakan-akan ngasih harapan sama si cowo buat jadi pacar dia, eh nah waktu si cowo itu nembak , si cewe malah nolak. Atau mungkin kebalikannya, ada cowo yang bertingkah kaya ngejar-ngejar cewe dan si cewe itu nanggepin serius, sampe si cewe itu udah ngarep banget buat ditembak eh malah cowoknya nggak jadi nembak karena suatu alasan, entah itu kepincut sama cewe lain ato gimana dan malah move on. Haduuuh, sakit ya gan kalo di PHP. Lebih sakit lagi kalo udah jadian tapi akhirnya malah di PHP. Cuman dijadiin pelampiasan aja. Hahaha.
Nah terus apa penyebab orang jadi PHP?
Dari pendapatku sendiri selaku orang yang pernah menjadi pelaku dan juga korban PHP, ada beberapa penyebab orang buat PHP. Antara lain:
1. Si pelaku PHP kepincut sama orang lain sehingga gak jadi nembak atau nerima tembakan si korban.
2. Si pelaku PHP cuman pengin sekedar akrab sebatas teman dan nggak lebih dari itu.
3. Si pelaku PHP belum bisa move on dari mantannya.
4. Si pelaku PHP cuman pengin sekedar nanggepin atensisi atau perhatian korban karena nggak mau nyakitin hati si korban kalo-kalo dia nyuekin tuh orang yang ngejar-ngejar dia.
5. Si pelaku PHP emang psikopat yang suka mainin perasaan orang, suka bikin orang kesengsem sama dia tapi gak mau terikat sama suatu hubungan.
Terusan gimana biar kita nggak jadi korban PHP?
Yang pertama, sebelum kita mencoba untuk mengejar seseorang, kenali dulu medan yang mau kita tempuh. Maksudnya kenali dulu karakter dia gimana, dia suka sama orang kaya apa. Ibarat kata “tau diri” lah. Good girl just for a good boy. Kaya yang diomongin Mas Raditya Dika di buku Manusia Setengah Salmon, kalo kamu tipe orang yang bulu keteknya nyambung sama bulu hidung, jangan ngarep buat jadi pacar artis papan atas :D. Terus kalo misal sewaktu kita ngejar-ngejar dia koh udah keliatan banget kalo dianya nggak antusias nanggepin, dianya lagi suka sama orang lain atopun dianya malah pernah ngomong frontal ke kita kalo dia nggak suka, mending berhenti deh ngejar-ngejar dia dan move on aja. Soalnya orangnya juga risih pasti kalo dikejar-kejar terus.
Nah caranya biar kita nggak jadi pelaku PHP gimana?
Sebenernya orang yang PHP itu nggak sepenuhnya salah. Dia sebetulnya ada diposisi serba salah buat ngambil sikap atas orang yang ngejar-ngejar dia. Bagaimanapun yang namanya perasaan itu gak bisa dipaksain.  Kalo nggak ditanggepin takut nyakitin ati, kalo ditangepin dan suatu saat dianya nembak dan kitanya nolak, takut dibilang PHP. Jadi menurutku, kalo ada orang ngejar-ngejar kita, tapi kitanya nggak ada rasa sama itu orang, cukup tanggepin aja sewajarnya, jangan berlebih sampe-sampe keliatan ngasih harapan buat dia. Dan kalaupun sampe dia nembak kita, kita tolak dia dengan halus. Ngomong terus terang aja apa alasannya. Misalnya kita lagi suka sama orang lain atau mungkin kita lagi nggak mau pacaran dulu apa gimana. Yang jelas yang namanya terus terang dan ngomong blak-blakan itu lebih baik daripada nggerundelin masalah di hati. Ujung-ujungnya di belakang ngambek-ngambekan.
Sekiranya itu yang dapat saya ulaskan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih atas kesediaan anda untuk membaca :)
Cilongok, 20 Januari 2012
Ganang Restu Bariadi
“Don’t let someone falls for you if you can’t stand her/him up”
“Jangan biarkan seseorang jatuh cinta kepadamu jika kamu tidak bisa mengangkat cintanya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar